Lomba Menulis Tentang Manuk Londo Cupuwatu Resto

Siang ini, saya dapat undangan bersama teman teman dari Jogja CuCo (Culinary Community) untuk makan bersama di Cupuwatu Resto. Bagi penggemar kuliner Jogja seperti komunitas kami, undangan untuk menikmati kuliner khas Yogyakarta yaitu Manuk Londo dari Cupuwatu Resto tidak akan kami lewatkan. Cupuwatu Resto merupakan restoran di Yogyakarta dengan menu spesial Manuk Londo alias Malon. 
Awalnya saya tahu tentang Manuk Londo dari mobil advertising yang berseliweran di jalan. Dengan stiker Manuk Londo dalam hati saya bertanya, apa ya Manuk Londo itu? Jujur saya tidak tahu. Sampai akhirnya setelah searching di Google dan menemukan website Cupuwatu resto tempat kuliner Jogja, saya baru paham apa sebenarnya Manuk Londo itu. 
Kita bisa sebut Malon, Manuk Londo atau Burung Bule. Lucu ya, karena ternyata Malon ini adalah burung puyuh yang asalnya dari Perancis (burung French Quail). Jauh banget Malon ini datang dari negaranya Napoleon Bonaparte sana hijrah ke Jogja untuk menyapa kita. Katanya, setelah si Malon ini diolah oleh chef profesional dari Cupuwatu Resto maka si Malon ini akan bertransformasi menjadi kuliner khas Yogyakarta yang tersaji di meja makan kita siap disantap. 
Undangan makan Malon ini merupakan acara promosi mereka, Cupuwatu Resto mengundang semua blogger di Yogyakarta untuk berpartisipasi, jadinya ada lomba menulis dan lomba SEO (search engine optimisation).
Ini sepertinya strategi pemasaran agar malon banyak yang mereview di blog para blogger, semakin banyak yang menulis tentang malon tentunya sama saja dengan promosi gratis. Ya memang lomba ini berhadiah, dan total hadiahnya sampai dengan 10juta rupiah untuk beberapa orang pemenang, cukup lumayan. Saking banyaknya blogger yang ikut, tidak hanya yang punya blog tentang makanan saja, tapi semua tema blog sepertinya boleh masuk untuk lomba menulis ini.
Katanya lagi, kandungan protein Malon lebih tinggi dari bebek, dan kandungan kolesterol Malon lebih rendah dari pada bebek. Memang banyak sekali restoran di Yogyakarta tapi sedikit sekali yang bisa menjadi ikon khas kuliner Jogja. Nampaknya resto ini ingin menjadikan malon sebagai kuliner khas kota Yogyakarta.
Menu andalan Malon yang sudah diracik dengan beragam bumbu khas diantaranya, malon BBQ, malon bumbu kuning, malon peking, malon bakar Klaten, mie malon, gudeg malon, nasi kebuli malon dan sego wiwit. 
Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Yogyakarta merupakan tagline branding yang ingin diusung oleh Cupuwatu Resto. Tagline ini penting karena sebagai daerah wisata banyak wisatawan mencari restoran di Yogyakarta yang punya ciri khas unik. Ciri khas unik tentu berguna sebagai pembeda dari restoran lain dan membuat hati konsumen mengena dan makin cinta dengan kuliner khas Yogyakarta.
Kami di sini boleh memilih menu makanan malon dan minuman. Sajian pertama yang terhidang di meja makan adalah es teler, rasanya lumayan, dengan durian, buah ceri, alpokat dan jelly. Menu makanan malon peking yang saya pesan akhirnya datang, Manuk Londo Peking, warnanya merah ala bebek khas Peking. Bebek peking merupakan sajian khas Tiongkok, itulah kenapa sajian Malon Peking saya dilengkapi dengan saus khas sajian chinese food, saus manis dan saus pedas, pas saya rasakan, rasanya cocok di lidah walau rasa dagingnya masih terlalu umum. Sajian daging malon memang intinya menonjolkan renyah di luar, tapi empuk di dalam. 
Dari info MC yang memberi pengarahan untuk lomba ini, yang saya dapatkan bahwa  malon ini beragam cara sajiannya, misalnya malon BBQ dengan rempah Eropa ciri khasnya dagingnya jadi manis seperti madu. Malon bumbu kuning yang sampai tulangnya pun terasa gurih banget. Malon bakar Klaten yang manis, gurih dipadu dengan santan kental ala Klaten. Gudeg malon yang rasanya manis gurih mengingatkan  seperti kuliner khas Yogyakarta yaitu gudeg, yang bisa dibeli dalam bentuk kendil yang tahan sampai 48 jam. Bahkan ada mie malon yang kuahnya segar, nasi kebuli malon yang rempahnya khas Timur Tengah, ataupun sego wiwit gurih khas daerah. 
Sajian Malon Manuk Londo khas Cupuwatu Resto beralamat di jalan Solo Km 11,8 Kalasan Yogyakarta.

Malon Peking (Rp27,500)
Malon Bakar Klaten

Gudeg Malon

Malon BBQ

Malon Halilintar

Suasana Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Yogyakarta

Suasana Cupuwatu Resto

Es Teler


Mobil Manuk Londo 
Alamat Lengkap Cupuwatu Resto
Mencoba Manuk Londo

7 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Halo, Jika Anda ingin membranding Dus Makanan maka sebaiknya Anda menggunakan produk Greenpack.

    BalasHapus

silakan komen