Langsung ke konten utama

Lomba Menulis Tentang Manuk Londo Cupuwatu Resto

Siang ini, saya dapat undangan bersama teman teman dari Jogja CuCo (Culinary Community) untuk makan bersama di Cupuwatu Resto. Bagi penggemar kuliner Jogja seperti komunitas kami, undangan untuk menikmati kuliner khas Yogyakarta yaitu Manuk Londo dari Cupuwatu Resto tidak akan kami lewatkan. Cupuwatu Resto merupakan restoran di Yogyakarta dengan menu spesial Manuk Londo alias Malon. 
Awalnya saya tahu tentang Manuk Londo dari mobil advertising yang berseliweran di jalan. Dengan stiker Manuk Londo dalam hati saya bertanya, apa ya Manuk Londo itu? Jujur saya tidak tahu. Sampai akhirnya setelah searching di Google dan menemukan website Cupuwatu resto tempat kuliner Jogja, saya baru paham apa sebenarnya Manuk Londo itu. 
Kita bisa sebut Malon, Manuk Londo atau Burung Bule. Lucu ya, karena ternyata Malon ini adalah burung puyuh yang asalnya dari Perancis (burung French Quail). Jauh banget Malon ini datang dari negaranya Napoleon Bonaparte sana hijrah ke Jogja untuk menyapa kita. Katanya, setelah si Malon ini diolah oleh chef profesional dari Cupuwatu Resto maka si Malon ini akan bertransformasi menjadi kuliner khas Yogyakarta yang tersaji di meja makan kita siap disantap. 
Undangan makan Malon ini merupakan acara promosi mereka, Cupuwatu Resto mengundang semua blogger di Yogyakarta untuk berpartisipasi, jadinya ada lomba menulis dan lomba SEO (search engine optimisation).
Ini sepertinya strategi pemasaran agar malon banyak yang mereview di blog para blogger, semakin banyak yang menulis tentang malon tentunya sama saja dengan promosi gratis. Ya memang lomba ini berhadiah, dan total hadiahnya sampai dengan 10juta rupiah untuk beberapa orang pemenang, cukup lumayan. Saking banyaknya blogger yang ikut, tidak hanya yang punya blog tentang makanan saja, tapi semua tema blog sepertinya boleh masuk untuk lomba menulis ini.
Katanya lagi, kandungan protein Malon lebih tinggi dari bebek, dan kandungan kolesterol Malon lebih rendah dari pada bebek. Memang banyak sekali restoran di Yogyakarta tapi sedikit sekali yang bisa menjadi ikon khas kuliner Jogja. Nampaknya resto ini ingin menjadikan malon sebagai kuliner khas kota Yogyakarta.
Menu andalan Malon yang sudah diracik dengan beragam bumbu khas diantaranya, malon BBQ, malon bumbu kuning, malon peking, malon bakar Klaten, mie malon, gudeg malon, nasi kebuli malon dan sego wiwit. 
Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Yogyakarta merupakan tagline branding yang ingin diusung oleh Cupuwatu Resto. Tagline ini penting karena sebagai daerah wisata banyak wisatawan mencari restoran di Yogyakarta yang punya ciri khas unik. Ciri khas unik tentu berguna sebagai pembeda dari restoran lain dan membuat hati konsumen mengena dan makin cinta dengan kuliner khas Yogyakarta.
Kami di sini boleh memilih menu makanan malon dan minuman. Sajian pertama yang terhidang di meja makan adalah es teler, rasanya lumayan, dengan durian, buah ceri, alpokat dan jelly. Menu makanan malon peking yang saya pesan akhirnya datang, Manuk Londo Peking, warnanya merah ala bebek khas Peking. Bebek peking merupakan sajian khas Tiongkok, itulah kenapa sajian Malon Peking saya dilengkapi dengan saus khas sajian chinese food, saus manis dan saus pedas, pas saya rasakan, rasanya cocok di lidah walau rasa dagingnya masih terlalu umum. Sajian daging malon memang intinya menonjolkan renyah di luar, tapi empuk di dalam. 
Dari info MC yang memberi pengarahan untuk lomba ini, yang saya dapatkan bahwa  malon ini beragam cara sajiannya, misalnya malon BBQ dengan rempah Eropa ciri khasnya dagingnya jadi manis seperti madu. Malon bumbu kuning yang sampai tulangnya pun terasa gurih banget. Malon bakar Klaten yang manis, gurih dipadu dengan santan kental ala Klaten. Gudeg malon yang rasanya manis gurih mengingatkan  seperti kuliner khas Yogyakarta yaitu gudeg, yang bisa dibeli dalam bentuk kendil yang tahan sampai 48 jam. Bahkan ada mie malon yang kuahnya segar, nasi kebuli malon yang rempahnya khas Timur Tengah, ataupun sego wiwit gurih khas daerah. 
Sajian Malon Manuk Londo khas Cupuwatu Resto beralamat di jalan Solo Km 11,8 Kalasan Yogyakarta.

Malon Peking (Rp27,500)
Malon Bakar Klaten

Gudeg Malon

Malon BBQ

Malon Halilintar

Suasana Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Yogyakarta

Suasana Cupuwatu Resto

Es Teler


Mobil Manuk Londo 
Alamat Lengkap Cupuwatu Resto
Mencoba Manuk Londo

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Halo, Jika Anda ingin membranding Dus Makanan maka sebaiknya Anda menggunakan produk Greenpack.

    BalasHapus

Posting Komentar

silakan komen

Postingan populer dari blog ini

Roaster and Bear

Roaster and Bear  lagi ngehit banget di kalangan anak muda di Yogyakarta, lokasinya yang ada di hotel Harper dan akses yang mudah dijangkau (hotel Harper lokasinya sebelum kantor KR JL Mangkubumi) mudah jadi rujukan nongkrong dari daerah manapun. Tahu kafe baru ini ya awalnya dari tanya dulu lokasinya ke mbak Rina.


Menu di Roaster and Bear kebanyakan menu western, seperti pasta dan salad. Minumnya tentu saja kopi, soda, dan sajian minum seperti greentea. Saya memesan aglio olio spaghetti yang disajikan dengan roti ala Perancis. Rasanya cukup enak, dengan smoked beef dan taburan keju permesan di atas pasta. Hanya saja tidak disajikan saos tomat dan saos sambal untuk melengkapi hidangan ini. Selain itu, di sini juga harganya terjangkau, harga di Roaster and Bear berkisar Rp15.000-Rp45.000, tapi masih ditambah tax 10% dan tax 5% untuk service.










Untuk parkir kendaraan kita bisa parkir di basement hotel Harper, dan juga jangan lupa foto-foto kalau berkunjung ke sini karena banyak gambar be…

X.O Suki & Dimsum Amplaz

X.O Suki & Dimsum Amplaz, salah satu restoran dengan penyajian unik, kita bisa masak sendiri di kompor yang disediakan di tiap mejanya. Di provinsi Shicuan Tiongkok, tepatnya di kota Chengdu populer dengan menu hotpot, karena di sana cuaca dingin, nah makan di  X.O Suki & Dimsum Amplaz saya membayangkan sedang menikmati hotpot karena penyajiannya mirip, masak sendiri di atas kompor. 
Kita diberikan pilihan, mau kuah apa. Bisa juga separuh-separuh seperti yang saya lakukan. Saya pilih kuah tom yum dan kaldu ayam. Dan rasanya? Kuahnya enak sekali. 
Kita pun bebas memilih apa yang akan kita cemplungkan ke dalam kuah yg dimasak di atas kompor ini, saya memilih mie udon khas Jepang, jamur, dan pangsit ayam. Akan tetapi pangsit ayamnya saya minta goreng, karena ingin mencoba kalau digoreng seperti apa. Rasa pangsit ayamnya beda dari pangsit kebanyakan, rasa daging ayamnya sangat terasa, gurih dan renyah. 
Masukkan mie udon ke kuah, dan tunggu sampai kenyal, untuk sayur saya masukka…

Emmason Ma'at Kimchi Kemasan Instant

Kimchi kemasan instan ini rasanya enak. Sensasi pedas, asam, dan asin sayuran segar yang dingin itulah yang kita rasakan saat menikmati Emmason Ma'at Kimchi. Saya membeli kimchi kemasan ini di Hypermart Lippo Mall Jogja (ex Saphir Square) harganya Rp21,000. Kimchi memang enak disajikan dingin, rasanya lebih segar dan sebaiknya disajikan saat sebelum makan untuk merangsang nafsu makan. Korean food kimchi, merupakan salah satu dari 5 menu makanan sehat terbaik di dunia.

Ramen Hakata Ikkousha Jogja

Daerah Demangan Baru sekarang menjadi sentra resto dan kafe, ada Capitea, Tickles, Pancake Company, Il Mondo, Zango dan masih banyak lagi. Memang daerah ini ramai dan strategis dengan banyaknya distro juga. Dan kali ini saya mencoba ramen Jepang yang memang sedang hit di Jogja, yaitu ramen Hakata Ikkousha yang baru buka di Demangan Baru.  Masuk restoran ini, kita akan disambut teriakan teriakan dari pelayannya yang menyambut dengan ramah. Harga ramen Hakata Ikkousha Jogja memang tinggi untuk ukuran mahasiswa, satu mangkok ramen berkisar Rp60.000-Rp65.000, dan masih ada tax dan service. Untuk minuman, paling murah ocha dan teh tawar yang bisa refill seharga Rp12.000. Sore itu, saya penasaran sehingga mencoba ramen mie ayam spesial. Rasanya enak, kaldunya kental. Di sini topping telur setengah matangnya nikmat sekali. Kita bisa juga tambahkan bawang putih mentah ke kaldu ramennya. Bisa juga pilih topping , atau mie jenis apa, ada mie keriting, mie kecil dan mie besar.  Jika di kota lain, b…

Il Mondo Pizza

Restoran pizza di Jogja yang recommended menurut saya adalah Il Mondo Pizza. Resto milik Duta Sheila on 7 ini memang unik, setelah sukses di tempat lama, kini pindah di tempat baru yang lebih luas dengan interior yang lebih asyik. Lokasinya tak terlalu jauh dari tempat lamanya, di JL Garuda lokasi Il Mondo Pizza yang baru. Menunya tidak banyak berubah, saya pesan beberapa pizza yang crunchy di sini. Pizza di sini ala Italia, jadi memanggangnya juga dengan tungku. dan taburan keju mozzarelanya enak, dibikin meleleh karena suhu panas tungku.
Il Mondo Pizza di lokasi baru ini menurut saya lebih cozy, ada outdoor dan indoor, makan ramai-ramai bareng teman bisa lupa waktu. Harga di sini juga tidak mahal, pizza di sekitaran harga Rp40.000-an. Favorit saya kalau mencari pizza ya di Il Mondo Pizza.