Langsung ke konten utama

Makan Siang Murah Ala Jogja I Nasi Bakar, Ayam Geprek dan Es Dawet

Makan Siang Murah Ala Jogja
Liputan wisata kuliner kali ini, semua dirapel jadi satu. Idenya sebenernya dari pengalaman pribadi yang sering bingung makan dimana kalau jam makan siang, terutama nih kalau lg ngantor, pasti jadinya cuma uter-muter tidak jelas cari makanan yang bikin kenyang, dan syarat terpenting adalah murah.

Jogja memang gudangya masakan murah, makan Rp10.000 kalau di kaki lima kita sudah dapet ayam. Nah lalu kalau bingung-bingung rekomendasi makanan apa di siang hari, simak wisata kuliner kita siang ini. 

1. Ayam Geprek daerah Papringan
Kalau siang pasti rame, walaupun banyak yang jualan di daerah ini tapi semua rame. Penjual ayam geprek di sepanjang jalan ini di Papringan (masuk saja dari gang belakang SD Kanisius Demangan Baru) selalu kewalahan dan kita pasti antri. Menunya adalah ayam geprek dengan kuah tongseng, ada juga sayur mayur penambah sajian, kita ambil nasi sendiri, order ayam dan kepada penjualnya bilang saja mau digeprek dengan cabe berapa, ada juga tempe dan tahu atau telur. Makan ayam geprek cukup mengenyangkan karena nasinya ambil sendiri, dan harganya murah, Rp9000 saja. 

Ayam Geprek Kuah Tongseng
2. Nasi Bakar Al Barokah Bawah Jembatan Janti
Salah satu tempat makan yang unik, karena dibawah jembatan flyover Janti. Di bawah jembatan ini banyak penjual makanan kalau siang, di sini favorit saya adalah nasi bakar. Pesan nasi bakar atau nasi uduk, pakai ayam, lauk ikan, telur tinggal pilih, mau dibakar atau digoreng mana suka selera kita. Penggila sambal, ada 3 jenis sambal di sini kita bisa pilih, ada sambal trasi, tomat, dan bawang dengan level kepedesan yang berbeda-beda. Coba saja semua jika mau. Nasi bakarnya enak, ada tambahan ikan teri, dan aroma khas daunnya meresap ke dalam nasi bakar ini. Harganya? Rp10.000 saja.

Nasi Bakar Jembatan Janti

Nasi Bakar Jembatan Janti
3. Es Dawet Ndeso
Kelar makan nasi bakar, kalau mau minum yang beda langsung saja order Dawet Ndeso yang ada di sebelah persis nasi bakarnya. Bisa kita order dengan gelas, dikasih es. Penjualnya memakai rombong tradisional khas dawet masa lalu. Diseruput siang-siang, minuman khas Jawa ini sangat cocok apalagi setelah perut kenyang habis makan ayam bakar. Cocok. Harganya berkisar Rp4000-an. 

Es Dawet Ndeso

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Roaster and Bear

Roaster and Bear  lagi ngehit banget di kalangan anak muda di Yogyakarta, lokasinya yang ada di hotel Harper dan akses yang mudah dijangkau (hotel Harper lokasinya sebelum kantor KR JL Mangkubumi) mudah jadi rujukan nongkrong dari daerah manapun. Tahu kafe baru ini ya awalnya dari tanya dulu lokasinya ke mbak Rina.


Menu di Roaster and Bear kebanyakan menu western, seperti pasta dan salad. Minumnya tentu saja kopi, soda, dan sajian minum seperti greentea. Saya memesan aglio olio spaghetti yang disajikan dengan roti ala Perancis. Rasanya cukup enak, dengan smoked beef dan taburan keju permesan di atas pasta. Hanya saja tidak disajikan saos tomat dan saos sambal untuk melengkapi hidangan ini. Selain itu, di sini juga harganya terjangkau, harga di Roaster and Bear berkisar Rp15.000-Rp45.000, tapi masih ditambah tax 10% dan tax 5% untuk service.










Untuk parkir kendaraan kita bisa parkir di basement hotel Harper, dan juga jangan lupa foto-foto kalau berkunjung ke sini karena banyak gambar be…

X.O Suki & Dimsum Amplaz

X.O Suki & Dimsum Amplaz, salah satu restoran dengan penyajian unik, kita bisa masak sendiri di kompor yang disediakan di tiap mejanya. Di provinsi Shicuan Tiongkok, tepatnya di kota Chengdu populer dengan menu hotpot, karena di sana cuaca dingin, nah makan di  X.O Suki & Dimsum Amplaz saya membayangkan sedang menikmati hotpot karena penyajiannya mirip, masak sendiri di atas kompor. 
Kita diberikan pilihan, mau kuah apa. Bisa juga separuh-separuh seperti yang saya lakukan. Saya pilih kuah tom yum dan kaldu ayam. Dan rasanya? Kuahnya enak sekali. 
Kita pun bebas memilih apa yang akan kita cemplungkan ke dalam kuah yg dimasak di atas kompor ini, saya memilih mie udon khas Jepang, jamur, dan pangsit ayam. Akan tetapi pangsit ayamnya saya minta goreng, karena ingin mencoba kalau digoreng seperti apa. Rasa pangsit ayamnya beda dari pangsit kebanyakan, rasa daging ayamnya sangat terasa, gurih dan renyah. 
Masukkan mie udon ke kuah, dan tunggu sampai kenyal, untuk sayur saya masukka…

Emmason Ma'at Kimchi Kemasan Instant

Kimchi kemasan instan ini rasanya enak. Sensasi pedas, asam, dan asin sayuran segar yang dingin itulah yang kita rasakan saat menikmati Emmason Ma'at Kimchi. Saya membeli kimchi kemasan ini di Hypermart Lippo Mall Jogja (ex Saphir Square) harganya Rp21,000. Kimchi memang enak disajikan dingin, rasanya lebih segar dan sebaiknya disajikan saat sebelum makan untuk merangsang nafsu makan. Korean food kimchi, merupakan salah satu dari 5 menu makanan sehat terbaik di dunia.

Tempo Gelato Kaliurang

Tempo Gelato Kaliurang, merupakan cabang baru dari Tempo Gelato yang bisa kita jangkau dengan lebih dekat. Dengan lokasinya yang ada di Jakal maka akses makin mudah. Lokasi Tempo Gelato di Jakal Km.5

Pilihan gelatonya beragam, ada sorbet juga dari rasa buah-buahan asli. Untuk harga 2 scoop Rp25.000. Untuk pesan gelato disini, biasanya harus sabar antri, karena memang sangatlah ramai.  Saat berkunjung ke sana, kami harus antri lumayan banyak, tapi pelayanannya sigap dan rasa gelatonya enak. Kami memesan rasa nougat, dan coklat, serta strawberry sorbet. 

Video bisa kalian lihat di sini:


Nama Tempo Gelato Lokasi Jakal Km. 5 Harga Rp25.000 (2scoop)

Ramen Hakata Ikkousha Jogja

Daerah Demangan Baru sekarang menjadi sentra resto dan kafe, ada Capitea, Tickles, Pancake Company, Il Mondo, Zango dan masih banyak lagi. Memang daerah ini ramai dan strategis dengan banyaknya distro juga. Dan kali ini saya mencoba ramen Jepang yang memang sedang hit di Jogja, yaitu ramen Hakata Ikkousha yang baru buka di Demangan Baru.  Masuk restoran ini, kita akan disambut teriakan teriakan dari pelayannya yang menyambut dengan ramah. Harga ramen Hakata Ikkousha Jogja memang tinggi untuk ukuran mahasiswa, satu mangkok ramen berkisar Rp60.000-Rp65.000, dan masih ada tax dan service. Untuk minuman, paling murah ocha dan teh tawar yang bisa refill seharga Rp12.000. Sore itu, saya penasaran sehingga mencoba ramen mie ayam spesial. Rasanya enak, kaldunya kental. Di sini topping telur setengah matangnya nikmat sekali. Kita bisa juga tambahkan bawang putih mentah ke kaldu ramennya. Bisa juga pilih topping , atau mie jenis apa, ada mie keriting, mie kecil dan mie besar.  Jika di kota lain, b…