Soto Lenthok Yogyakarta

Kuliner Jogja siang itu, saya mencoba soto. Ada yang khas dari soto ini, soto lenthok namanya. Di Jogja, banyak penjual soto lenthok. Mungkin bisa dimasukkan sebagai kuliner khas Jogja menu soto ini. 
Apa yang membedakan dari soto biasa? Tentu saja kehadiran lenthok di soto ini. pasti bertanya-tanya, apa sih sebenarnya soto lenthok itu? 

Soto Lenthok Yogyakarta

Tak lain lenthok adalah singkong. Saya tidak tahu sejarahnya tapi kemungkinan ini sebagai pengganti perkedel kentang. Karena kentang mungkin susah dicari, maka dicarilah penggantinya yaitu singkong. Cara membuat lenthok ini adalah singkong dibentuk bulat lonjong, lalu digoreng hingga kekuningan, mirip cara membuat perkedel kentang. 

Soto Lenthok Yogyakarta


Nah siang itu saya mampir makan soto lenthok Pak Pras di pinggir jalan dekat Timoho. Pesan soto lenthok ayam, dengan gorengan tempe keripik. Rasanya tentu saja enak sekali, apalagi gorengan keripik tempenya dan kuah soto dipadukan, bisa mengusir rasa lapar. Total saya cuma membayar Rp13,000 saja untuk 1 soto lenthok, 5 gorengan tempe, 1 sate hati, dan es jeruk. Murah meriah. 

Penjual Soto Lenthok


Lihat Peta Lebih Besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan komen