Langsung ke konten utama

Madam Tan Classic

Kuliner Jogja, setelah mencoba pizza rendang di Madam Tan Ristorante yang lokasinya di Grand Aston, kali ini saya dan partner mencoba Madam Tan Classic di dekat Tugu, bagi yang bingung lokasinya, ini dulu tempat Restoran Kedai Tiga Nyonya yang sekarang berubah jadi Madam Tan. 
Madam Tan memang memiliki beberapa konsep berbeda untuk resto mereka, yang di dekat Mirota Kampus konsepnya Wok Bar, tapi saya belum mencobanya. Baru 2 konsep Madam Tan yaitu Classic dan Ristorante yang saya coba. 

Sup Buntut Madam Tan

Traditional Ice Madam Tan

Traditional Ice Madam Tan
Teh Tarik Madam Tan
Restoran Madam Tan Jogjakarta
Salad Buah Madam Tan
Chicken 
Asam Pedas Sup Madam Tan
Sop Buntut Madam Tan
Madam Tan Classic
Bakmi Jawa
Espresso
Buku Menu Madam Tan Classic
Buku Menu Madam Tan Classic
Buku Menu Madam Tan Classic
Buku Menu Madam Tan Classic
Kali ini melihat menu di Madam Tan Classic, menunya makanan Indonesia semua, walau ada kopi dan cake juga di sini (kapan-kapan mungkin perlu mencoba kopi nya karena saya baru mencoba espresso Madam Tan).
Yang saya pesan yaitu nasi bakar Tangkuban Perahu, sepertinya ini menu khas Jawa Barat, karena di menu ini saya melihat ada banyak makanan dari daerah lain, misal daerah Batak ada menu ikan arsik, juga ada menu ritjtafel (berasal dari kata rice table) ala Indo Belanda. Harga di Madam Tan Classic boleh dibilang menengah ke atas, tapi termasuk murah untuk suasana restoran ala klasik seperti ini, harga makanan berkisar di angka Rp30000-Rp50000. Untuk minuman di kisaran dibawah Rp20000. 
Nasi bakar di sini enak menurut saya, dan memiliki cita rasa khas karena kita akan ditawari apakah mau pakai pete atau tidak. Karena ingin mencoba saya mencoba memakai pete. Ada daging empal sebagai pelengkap, dan sop bakso kecil. Jangan khawatir bagi yang vegan, ada juga nasi bakar versi vegan. Madam Tan Classic cocok untuk makan malam bersama keluarga yang gemar masakan Indonesia.
Menu sop-sopan juga kami coba, dan es tradisional, saya suka ayamnya yang dimasak seperti sosis. 

Lantai Bawah
Suasana Lantai Atas
Suasana Lantai Atas
Suasana Lantai Atas

Nasi Bakar Tangkuban Perahu
Suasana Restoran Madam Tan Classic

Bungkus Nasi Bakar Jika Dibuka


Nama Restoran Madam Tan Classic
Harga Rp30,000-an
Lokasi JL Jenderal Sudirman sebelum Tugu



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Roaster and Bear

Roaster and Bear  lagi ngehit banget di kalangan anak muda di Yogyakarta, lokasinya yang ada di hotel Harper dan akses yang mudah dijangkau (hotel Harper lokasinya sebelum kantor KR JL Mangkubumi) mudah jadi rujukan nongkrong dari daerah manapun. Tahu kafe baru ini ya awalnya dari tanya dulu lokasinya ke mbak Rina.


Menu di Roaster and Bear kebanyakan menu western, seperti pasta dan salad. Minumnya tentu saja kopi, soda, dan sajian minum seperti greentea. Saya memesan aglio olio spaghetti yang disajikan dengan roti ala Perancis. Rasanya cukup enak, dengan smoked beef dan taburan keju permesan di atas pasta. Hanya saja tidak disajikan saos tomat dan saos sambal untuk melengkapi hidangan ini. Selain itu, di sini juga harganya terjangkau, harga di Roaster and Bear berkisar Rp15.000-Rp45.000, tapi masih ditambah tax 10% dan tax 5% untuk service.










Untuk parkir kendaraan kita bisa parkir di basement hotel Harper, dan juga jangan lupa foto-foto kalau berkunjung ke sini karena banyak gambar be…

X.O Suki & Dimsum Amplaz

X.O Suki & Dimsum Amplaz, salah satu restoran dengan penyajian unik, kita bisa masak sendiri di kompor yang disediakan di tiap mejanya. Di provinsi Shicuan Tiongkok, tepatnya di kota Chengdu populer dengan menu hotpot, karena di sana cuaca dingin, nah makan di  X.O Suki & Dimsum Amplaz saya membayangkan sedang menikmati hotpot karena penyajiannya mirip, masak sendiri di atas kompor. 
Kita diberikan pilihan, mau kuah apa. Bisa juga separuh-separuh seperti yang saya lakukan. Saya pilih kuah tom yum dan kaldu ayam. Dan rasanya? Kuahnya enak sekali. 
Kita pun bebas memilih apa yang akan kita cemplungkan ke dalam kuah yg dimasak di atas kompor ini, saya memilih mie udon khas Jepang, jamur, dan pangsit ayam. Akan tetapi pangsit ayamnya saya minta goreng, karena ingin mencoba kalau digoreng seperti apa. Rasa pangsit ayamnya beda dari pangsit kebanyakan, rasa daging ayamnya sangat terasa, gurih dan renyah. 
Masukkan mie udon ke kuah, dan tunggu sampai kenyal, untuk sayur saya masukka…

Emmason Ma'at Kimchi Kemasan Instant

Kimchi kemasan instan ini rasanya enak. Sensasi pedas, asam, dan asin sayuran segar yang dingin itulah yang kita rasakan saat menikmati Emmason Ma'at Kimchi. Saya membeli kimchi kemasan ini di Hypermart Lippo Mall Jogja (ex Saphir Square) harganya Rp21,000. Kimchi memang enak disajikan dingin, rasanya lebih segar dan sebaiknya disajikan saat sebelum makan untuk merangsang nafsu makan. Korean food kimchi, merupakan salah satu dari 5 menu makanan sehat terbaik di dunia.

Ramen Hakata Ikkousha Jogja

Daerah Demangan Baru sekarang menjadi sentra resto dan kafe, ada Capitea, Tickles, Pancake Company, Il Mondo, Zango dan masih banyak lagi. Memang daerah ini ramai dan strategis dengan banyaknya distro juga. Dan kali ini saya mencoba ramen Jepang yang memang sedang hit di Jogja, yaitu ramen Hakata Ikkousha yang baru buka di Demangan Baru.  Masuk restoran ini, kita akan disambut teriakan teriakan dari pelayannya yang menyambut dengan ramah. Harga ramen Hakata Ikkousha Jogja memang tinggi untuk ukuran mahasiswa, satu mangkok ramen berkisar Rp60.000-Rp65.000, dan masih ada tax dan service. Untuk minuman, paling murah ocha dan teh tawar yang bisa refill seharga Rp12.000. Sore itu, saya penasaran sehingga mencoba ramen mie ayam spesial. Rasanya enak, kaldunya kental. Di sini topping telur setengah matangnya nikmat sekali. Kita bisa juga tambahkan bawang putih mentah ke kaldu ramennya. Bisa juga pilih topping , atau mie jenis apa, ada mie keriting, mie kecil dan mie besar.  Jika di kota lain, b…

Il Mondo Pizza

Restoran pizza di Jogja yang recommended menurut saya adalah Il Mondo Pizza. Resto milik Duta Sheila on 7 ini memang unik, setelah sukses di tempat lama, kini pindah di tempat baru yang lebih luas dengan interior yang lebih asyik. Lokasinya tak terlalu jauh dari tempat lamanya, di JL Garuda lokasi Il Mondo Pizza yang baru. Menunya tidak banyak berubah, saya pesan beberapa pizza yang crunchy di sini. Pizza di sini ala Italia, jadi memanggangnya juga dengan tungku. dan taburan keju mozzarelanya enak, dibikin meleleh karena suhu panas tungku.
Il Mondo Pizza di lokasi baru ini menurut saya lebih cozy, ada outdoor dan indoor, makan ramai-ramai bareng teman bisa lupa waktu. Harga di sini juga tidak mahal, pizza di sekitaran harga Rp40.000-an. Favorit saya kalau mencari pizza ya di Il Mondo Pizza.